Home » » Masuki Era Kompetensi Wartawan, KWRI Jatim Segera Gelar Diklat Jurnalistik

Masuki Era Kompetensi Wartawan, KWRI Jatim Segera Gelar Diklat Jurnalistik

SURABAYA -  Peran jurnalistik dalam pengolahan dan penyajian sebuah informasi sangatlah penting agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ibarat sebuah makanan, informasi harus dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk mengetahuinya.

Alasan inilah yang mendasari DPD Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Provinsi Jawa Timur segera menggelar pelatihan jurnalistik.

Akan bekerja sama dengan berbagai media cetak, elektronik dan media online, yang saat ini telah bergabung dibawah bendera KWRI Jatim dibawah komando Dr. Ir. Whisnu Wardhana, SH, SE, MM, pelatihan itu nantinya akan diselenggarakan di Kota  Surabaya.

Menurut Sekretaris Jenderal DPD KWRI Jawa Timur Drs. Achmadi MS, diklat itu selain untuk memberikan ilmu mengenai cara mengolah informasi dengan baik dan benar, juga ditujukan untuk menghidupkan kembali geliat jurnalistik di kalangan masyarakat.

Diklat itu sebagai bekal para jurnalis dalam memasuki era jurnalisme profesional dan era kompetensi wartawan, katanya.

Dalam acara pelatihan yang akan digelar tersebut DPD KWRI Jatim, akan membuka pendaftaran selama 15 hari kerja, yang Insya Allah pesertanya lebih dari 100 peserta, baik para wartawan, masyarakat, pemuda, mahasiswa, pelajar, ormas, dan LSM, diklat menghadirkan narasumber dari KWRI Pusat dan KWRI Jawa Timur.

Ketua Biro SDM dan Diklat DPD KWRI Jatim, M. Sugito, menegaskan bahwa, wartawan yang tergabung didalam KWRI Jatim, diwajibkan mengikuti pelatihan dan Diklat minimal sebanyak 3kali, baru dapat mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW), supaya dalam uji kompetensi nanti tidak kesulitan menjawab soal-soal yang diberikan oleh penguji,terangnya.

Wartawan adalah profesi yang strategis, ikut men-support dan mendorong percepatan pembangunan dengan informasinya yang positif hingga secara cepat pula sampai ke publik, katanya.

Sementara itu, Ketua Biro Humas dan Hubungan Antar Lembaga DPD KWRI Jatim Drs. EC. Amiruddin Siddik, MM, memaparkan bagaimana teknis reportase, penulisan berita yang baik, dan kiat-kiat menghadapi ranjau-ranjau hukum dalam kinerja jurnalis, yang menjadi tema dasar diklat tersebut.pungkasnya.(sj/amd)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Sekretariat : Jl. Raya Suningrat No. 9 Ketegan Sidoarjo, Jawa Timur - Indonesia
Copyright © 2014. dpdkwrijatim. - All Rights Reserved

SUPPORT BY : PORTAL ONLINE